Minggu, 14 Oktober 2012

Belajar Menjaga Alam dari SpongeBob dan Patrick

1346665917206953091


Dari beberapa judul Spongebob hari ini, ada ceritanya yang seru dan asyik. Bagus untuk dijadikan pembelajaran, terutama setelah tragedi Orang Utan Terbakar dan Tewas :( #turut berduka
A nice story kali ini berjudul Save Jellyfish Fields. Ceritanya, Spongebob dan Patrick ingin bermain di lapangan tempat ubur-ubur. Setelah sampai di depan gerbang Jellyfish Fields, ternyata di situ ada tulisan, kalau lapangan itu akan dibangun jalan raya. Setelah dialog konyol antara Spongebob dan Patrick, akhirnya Patrick membuat pernyataan yang argumentatif #Patrick lagi kesurupan kayaknya :D Bahwa ekosistem akan terganggu kalau lapangan ubur-ubur bakal digusur.


13466659791071183105


Setelah mencari tahu ke sana kemari, akhirnya Spongebob dan Patrick tahu, kalau Plankton adalah pihak yang menggagas pembangunan jalan raya ini. Ditemani Tuan Krab, Spongebob berusaha mencegah keinginan Plankton. Tapi, Plankton mengingatkan bahwa keinginan membangun jalan raya adalah musyawarah warga Bikini Bottom. Dan ternyata, Tuan Krab ikut mendukung pembangunan jalan raya ini!
Spongebob dan Patrick pun melakukan kampanye. Mereka menyanyikan lagu Save Jellyfish Fields dan membagikan brosur kepada seluruh warga laut. Tapi, malangnya, warga malah menolak usul Spongebob dan membuangnya di lapangan kosong. Ternyata, di lapangan itu sudah ada Plankton dengan alat yang bisa menggelar aspal di jalan #ga tau namanya.
1346666231515978618


Ringkas cerita, Krusty Crab jadi ga laku lagi. Sekarang, Krusty Krab malah ada di bawah jembatan. Alam laut pun jadi kotor dan penuh polusi. Karena terus merugi dan tak ada pembeli, Tuan Krab memutuskan melakukan rencana Z/99, yaitu rencana menjual resep rahasia Crabby Patty kepada Plankton. Wakks!!! Spongebob langsung pingsan dan Squidward malah tertawa kesenangan.
Saat Tuan Crab sudah berada di Chum Bucket, ubur-ubur datang. Dengan rombongan agar-agar pink, mereka mengamuk dan akhirnya merusak ketenangan kota. Spongebob pun muncul sebagai pahlawan, dibantu Tuan Crab, Sandy dan Patrick. Jalan raya pun dihancurkan dan ubur-ubur kembali hidup bahagia di Jellyfish Fields.

Memang, Spongebob ini hanyalah sebuah cerita. Tapi, pesan cerita ini sangat bagus. Ingat nasib orang utan di Kalimantan Barat? Diduga karena kekurangan pangan dan hutan sebagai tempat tinggalnya semakin menyempit, orang utan pun mencari makan di lahan milik warga. Naas, ketika berusaha kabur dan naik ke pohon kelapa, pohon tersebut justru dibakar dan orang utan tidak sempat lari. Setelah sempat dirawat, orang utan yang mengalami luka bakar hampir 70 % ini, dua hari kemudian tewas. L Entah penyebabnya karena apa. Meskipun dokter hewan sudah menggelar statement kalau bukan karena dibakar, tapi lebih karena orang utan stres, tetap saja; MEMBAKAR hewan hidup-hidup adalah kejahatan terhadap alam yang tidak dapat ditolerir. Bagi sebagian besar masyarakat, orang utan masih dianggap ‘hama’.
13466663861890561424
Kasian :(/bacadulu.com
Ada lagi berita sejumlah monyet liar ‘turun lapangan’. Penyebabnya karena musim kemarau yang panjang dan monyet kekurangan makan. Akhirnya, monyet-monyet pun menyerbu perumahan warga dan menjarah barang-barang dagangan serta mencongkel atap. Monyet said: Apakah salah saya?
Alam sudah begitu baik terhadap kita. Boleh tinggal di atasnya, boleh mengambil apa yang tumbuh di atasnya, tapi dengan syarat kita harus menjaganya. Seperti kisah Spongebob, jangan sampai alam marah pada kita. Sederhananya, segala perbuatan tidak bersahabat dengan alam, akan kembali kepada manusia.
Lantas, caranya bagaimana? Sederhana, jika Anda tinggal dekat sungai, jangan buang sampah di sungai. Kalau banjir, salah siapa?
Cara lain, jika Anda tinggal di kota Metropolitan yang rawan macet dan polusi, seperti saya di Surabaya. Pilihlah kendaraan umum. Tapi, alternatif ini masih tidak efisien. Bagaimana mau naik bus kota, kalau sudah penuh sesak misalnya? Alih-alih selamat, yang ada malah riwayat tamat. :(
Semoga ini menjadi tulisan saling menyarankan, bukan saling menyalahkan. Semoga Indonesia selalu jaya. Amiinn…


http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2012/09/03/belajar-menjaga-alam-dari-spongebob-dan-patrick/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar