Senin, 01 Oktober 2012

Hubungan antara Manusia dengan Lingkungan




Tidak ada satu pun makhluk hidupyang bisa hidup sendirian di dunia ini. Setiap makhluk hidup dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, oleh tumbuhan dan hewan yang lain yang ada disekelilingnya. Faktor-faktor lingkugan mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan hewan da tumbuhan karena makhluk hidup saling memengaruhi satu sama lain. 

Sebagaimana makhluk hidup yang lain, keberadaan manusia sangat membutuhkan adanya lingkungan yang mendukung kehidupannya. Jika kalian diminta memilih antara tinggal di lingkungan yang bersih dengan tinggal di lingkungan yang kotor, mana yang Kalian pilih? Tentunya Kalian akan memilih tinggal di lingkungan bersih, bukan? Lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman dan sehat sehingga kita dapat melakukan semua aktivitas dengan baik.

Kualitas lingkungan sangat dipengaruhi oleh manusia. Lingkungan yang bersih, sehat, dan asri tentu lebih nyaman untuk ditinggali dibandingkan dengan lingkungan yang kotor dan gersang. Bersih atau kotornya lingkungan tersebut sangat dipengaruhi oleh manusia yang berada di lingkungan itu. Jika kita ingin lingkungan selalu bersih tentunya kita harus sering membersihkannya.

Seiring dengan pertambahan jumlah manusia dan meningkatnya aktivitas manusia, lingkungan justru mengalami penurunan kualitas yang semakin memburuk. Keadaan ini terutama terjadi di pusat pusat industri maupun di daerah perkotaan yang merupakan aktivitas masyarakat. Penurunan kualitas lingkungan terutama terjadi pada air dan udara akibat adanya pencemaran. Pernahkah kamu membandingkan kualitas udara kota dengan kualitas udara di desa? Jika kalian bermukim di kota mungkin kamu merasakan panas dan sesaknya udara kota . Berbeda keadaanya dengan di desa. Air desa umumnya masih bersih dan berasal dari sumber air yang jauh dari pencemaran.

1 komentar: