Sabtu, 27 Oktober 2012

Matahari dan Gravitasinya


Hal yang menarik bahwa ternyata matahari senantiasa bergeser ke timur relatif terhadap latar belakang bintang. Fenomena ini sudah disadari ribuan tahun lalu. Menengok fenomena ini lebih mudah bila bumi tidak beratmosfer. Sekaligus disini kita mengenal perbedaan panjang hari yang berpedoman bintang (hari sideris) dengan yang berpatokan metahari (hari surya). Jejak pergeseran matahari ke timur ini disebut ekliptika. Matahari butuh waktu satu tahun untuk melakukan 1 lingkaran. Gerak ini disebut gerak semu tahunan matahari . Pergerakannya diikuti planet dan bulan di sekitar lingkaran tersebut melewati rasi-rasi zodiak. Disebut gerak revolusi bumi. Hal ini jelas kalau melihat tata surya lebih jauh. Kita melihat bagaimana planet  mengedari matahari, sekaligus berkenalan dengan sifat-sifat planet.

Sedangkan benda langit yantak terhitung jumlahnya, bergerak teratur secara sempurna tanpa saling bertubrukan, karena semua ini planet-planet mengalami gaya gr avitasi matahari. Ketika kamu membaca artikel ini, bumi kita bergerak dalam orbitnya dengan kecepatan 108,000 kilometer (700,000 mil) per jam mengelilingi matahari. Penjelasan berikut mungkin dapat membantumu membayangkan kecepatan yang dahsyat, kecepatan maksimal sebuah mobil kira-kira 200 kilometer (125 mil) per jam. Artinya kecepatan rotasi bumi mengelilingi matahari adalah 540 kali kecepatan mobil. Contoh lain adalah sebuah peluru bergerak 1,800 kilometer (1,100 mil) per jam. Kecepatan rotasi bumi mengelilingi matahari adalah 60 kali kecepatan peluru.
                Karena tingginya kecepatan bumi, gaya tarik gravitasi matahari sangat penting. Jika matahari mengurangi kekuatan gravitasinya, kita akan melayang-layang di angkasa bersama bumi kita. Di sisi lain, jika matahari menambah besar gaya gravitasinya, bumi kita akan teredot oleh matahari dan melebur. Tentunya kita pun akan musnah. Selain, itu gaya tari gravitasi matahari juga menjaga planet-planet dalam lintasan orbit yang benar sehingga terhindar dari tabrakan antar sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar